Pendahuluan

Pengelolaan perguruan tinggi melibatkan banyak pihak dengan berbagai kepentingan, sehingga perlu didukung oleh sivitas akademika UHAMKA yaitu mahasiswa dan dosen serta tenaga administrasi kependidikan yang profesional. Ketertiban administrasi diyakini akan menunjang kelancaran pelaksanaan tugas-tugas akademik yang merupakan tugas utama perguruan tinggi. Masalah yang sering muncul dalam penyelenggaraan administrasi akademik antara lain :

  1. Pemahaman prosedur dan alur informasi Administrasi Akademik oleh Sivitas Akademika belum optimal;
  2. Perubahan kebijakan pendidikan yang sering dalam waktu singkat harus disikapi dan diikuti oleh segenap sivitas akademika UHAMKA.

Oleh karena itu, perlu diterbitkan buku acuan yang praktis dan komprehensif  mengenai prosedur kegiatan administrasi akademik yang dapat MEMPERKOKOH KOMITMEN PADA PENJAMINAN MUTU, INTEGRITAS AKADEMIK, DAN MEMPERMUDAH PELAPORAN PANGKALAN DATA PERGURUAN TINGGI (PDPT) ATAU EVALUASI PROGRAM STUDI BERBASIS EVALUASI DIRI (EPSBED) dan memberi arah bagi pimpinan universitas, fakultas/sekolah pascasarjana, Program Studi, dosen, dan staf administrasi.

Acuan administrasi akademik ini mengikat semua komponen akademik yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, sehingga penyelenggaraan administrasi mengacu pada satu sistem yang baku. Dengan demikian, acuan administrasi akademik ini memiliki kemantapan yang dinamis yang berlaku pada semua unit di lingkungan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Disebut kemantapan yang dinamis karena acuan ini diharapkan tidak ditafsirkan menurut selera masing-masing, tetapi terbuka untuk dikoreksi dan dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan zaman kemudian pelaksanaannya dilakukan setelah ada kesepakatan bersama.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup administrasi akademik yang dimuat dalam acuan akademik ini adalah sebagai berikut.

  1. Pendahuluan
  2. Administrasi Pendaftaran Mahasiswa
  3. Masa  Studi Mahasiswa
  4. Cuti Akademik dan Her-registrasi
  5. Sistem SKS, Kurikulum, dan Pelaksanaan Perkuliahan
  6. Evaluasi Kemajuan Belajar Mengajar
  7. Pemberian Bantuan dan Beasiswa
  8. Administrasi Kegiatan Belajar-Mengajar
  9. Pengolahan Hasil Belajar
  10. Penerbitan Ijazah
  11. Gelar Akademik dan Sebutan Profesional
  12. Sanksi Administrasi
  13. Administrasi Laporan Hasil Proses Belajar Mengajar
BACK